4 Langkah Jitu Menghilangkan Ketombe



4 langkah Jitu Hilangkan Ketombe
Memiliki rambut berketombe memang tidaklah menyenangkan. Selain rasa gatal tak  tertahankan juga sangat mengganggu keindahan rambut, terutama bila mengenakan pakaian warna hitam. Ketombe timbul karena kulit kepala yang tidak sehat, disebabkan berkembangkan jamur malassezia pada kulit kepala.  Sebenarnya hampir pada semua orang ada, hanya saja tergantung dengan tingkat kesensitifan kulit kepala. Bagi yang sensitif maka akan cepat tumbuh.  Apalagi  untuk yang mengenakan jilbab. Sehabis keramas pagi, dimana waktu terus mengejar untuk segera melakukan aktivitas sedang rambut belum kering sempurna. Meski  bahan kerudung yang digunakan cukup nyaman,namun kelembaban kulit kepala belum terjamin. Hingga mikroorganisme ini berkembang biak.
Tanda-tanda awal timbulnya ketombe akan bisa dirasakan, seperti; kulit kepala kencang, kering dan gatal-gatal bahkan kalau dilihat seksama akan terlihat kemerahan.  Dan jika sudah timbul, rasa gatal hingga ingin terus menggaruk akan sangat memalukan apalagi disaat acara penting.
Namun tidak perlu merasa risau, selain menggunakan sampo anti ketombe yang sudah banyak beredar, ada juga dengan cara-cara sederhana dari bahan alami untuk mengatasi ketombe. Bahannya pun tidak jauh-jauh dari kehidupan wanita di dapur. 
   Jeruk Lemon
Dengan perasan jeruk lemon yang  telah dicampur air, lalu tuangkan  ke kepala secara merata setelah rambut dibasahi terlebih dahulu, biarkan selama kurang lebih dua puluh menit. Lalu bilas dengan air hingga bersih, baru setelah itu berkeramas seperti biasa dengan menggunakan sampo.
2.      Minyak Kelapa
Bisa juga dengan mengoleskan minyak kelapa pada saat rambut kering, pijat-pijat ringan tunggu hingga  kurang lebih tiga puluh menit baru keramas seperti biasa sampai bersih.
3.      Lidah Buaya
Bagi yang memiliki lidah buaya di halaman rumah, selain untuk keindahan  bisa juga digunakan untuk mengatasi ketombe membandel. Caranya, ambil bagian dalam lidah buaya, lalu gosokkan  pada kulit kepala, kemudian lakukan pemijatan ringan, setelah itu baru keramas seperti biasa. Selain itu lidah buaya juga dapat  mengangkat sel  kulit mati sekaligus menyehatkan kulit kepala.
4.      Jagalah selalu kebersihan rambut dan kulit kepala
Agar ketombe tidak mau kembali selalu perhatikan hal-hal berikut ini;
a. Cucilah rambut minimal dua kali seminggu. Bila menggunakan kondisioner  usahakan  beri jarak kurang lebih dua sentimeter dari pangkal rambut, agar tidak terjadi penumpukan kondisioner yang mengakibatkan ketombe.
b. Jangan terlalu sering menggunakan pengering rambut agar kulit kepala tidak kering, karena kulit kering juga merupakan salah satu penyebab timbulnya ketombe.
c. Usahakan juga agar rambut sering terkena sinar matahari, terutama untuk yang menggunakan kerudung.  Karena sinar matahari  sangat penting agar jamur enggan tinggal di kulit kepala.

Selamat mencoba, semoga empat cara di atas bisa membantu  menghilangkan ketombe membandel.

Komentar